BPKB kendaran asli (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
BPKB kendaran asli (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan komponen dokumen penting dalam kepemilikan sepeda motor yang sah. Sebab tanpa BPKB yang jelas, sepeda motor yang anda miliki keabsahan kepemilikannya diragukan. Selain itu kendaran tersebut patut diduga kendaran curian.

Saat membeli kendaraan bermotor, yang paling penting selain kondisi kendaraan adalah keabsahan dokumen kepemilikannya. Dalam hal ini bukti kepemilikan yang sah adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Baca Juga : Unggah Konten Remehkan Covid-19, Beauty Vlogger Indira Kalistha Tuai Kritik Warganet

Jika kendaraan yang dijual tanpa dilengkapi BPKB, urungkan niat untuk membeli kendaran tersebut atau nantinya justru bisa tersangkut hukum. Namun meskipun saat membeli kendaran ditunjukan BPKB oleh penjualnya, jangan langsung percaya.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu secara teliti. Sebab, bukan tidak mungkin BPKB yang di tunjukkan penjual merupakan BPKB asli tapi palsu. Karenanya masyarakat perlu mengetahui perbedaan ciri-ciri BPKB yang asli.

Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Priyanto, menjelaskan, jika BPKB asli mempunyai beberapa ciri-ciri yang sulit untuk dipalsukan. Namun meskipun begitu, masyarakat harus lebih berhati-hati lagi melakukan pengecekan bukti keabsahan pemilik kendaraan bermotor atau BPKB secara teliti.

Dijelaskannya, jika yang pertama ciri-ciri BPKB asli memiliki cover yang gelap namun jelas dan mengkilap. Sementara, pada BPKB palsu, cover BPKB terlihat buram.

Pada BPKB asli, juga terdapat hologram yang konsisten terhadap warnanya. Hologram pada BPKB asli, berwarna abu-abu. Warna abu-abu pada program ini akan tetap konsisten meskipun dilihat dari berbagai sisi.  Sedangkan pada BPKB palsu hologram tersebut akan berubah berwarna kuning.

"Kemudian untuk halaman identitas juga terlihat jelas, tidak terdapat bekas cetakan ulang ataupun bekas dihapus," terangnya

Bukan hanya itu, pada lembaran BPKB halaman ke-14 terdapat sebuah lambang Korlantas Polri yang akan muncul hanya ketika disinari oleh sinar ultraviolet. Selain itu tekstur pada BPKB asli terasa kasar jika diraba.

Baca Juga : 8 Ide Bisnis Online dan Sampingan yang Terbukti Sangat Menghasilkan

Selanjutnya, cirinya pada kertas BPKB juga terasa timbul karena ada logo Korlantas polri. Pada tiap lembar kertas BPKB juga dilengkapi dengan benang hologram pengaman seperti halnya uang.

Dan terkahir terdapat nomor di bagian bawah hologram yang itu berfungsi dalam mengkategorikan pemilik kendaraan sesuai dengan domisilinya. Akan terlihat manakala diarahkan ke sinar ultraviolet.

"Kami imbau masyarakat agar lebih teliti dan berhati-hati manakala melakukan transaksi membeli kendaraan pastikan bukti kepemilikannya sah, lakukan juga pengecekan ke Samsat untuk lebih memastikan," pungkasnya.