Mendikbud RI Nadiem Makarim. (Foto: istimewa)

Mendikbud RI Nadiem Makarim. (Foto: istimewa)



Presiden Joko Widodo (Jokowi)  telah mengumumkan para menteri yang masuk Kabinet Kerja Jilid 2 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Pendiri sekaligus mantan CEO Gojek Nadiem Makarim dilantik sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) periode 2019-2024.

Dilantiknya Nadiem ini pun memantik beragam tanggapan dari warganet. Reaksi-reaksi kocak bertebaran. Salah satu yang paling kencang yakni di media sosial Twitter.

Salah satu lelucon datang dari pemilik akun @makmummasjid. Ia berkelakar mengenai kebiasaan memesan Gojek yang nantinya juga memengaruhi pembelajaran di kelas.

"Setelah Nadiem menjabat Mendikbud.
Di kelas
Guru: Hari ini mau belajar apa anak-anak?
Siswa: ️sesuai aplikasi Pak," tulisnya.

Lelucon berikutnya masih dilontarkan oleh @makmummasjid. Ia menuliskan alasan Nadiem menjadi mendikbud agar siswa tidak ada yang bolos lantaran bisa ketahuan driver Gojek.

"Nadiem jadi Mendikbud biar kalau ada yang bolos sekolah langsung ketauan sama semua driver Gojek," tulisnya.

Masih berhubungan dengan Gojek, akun Twitter @GojekOnly juga memberikan lelucon program kerja bos Gojek tersebut.

"BOS NADIEM JADI MENDIKBUD
- KJP diisi saldo gopay jadi ada bekal buat pelajar buat naik gojek
- Kurikulum IT ada di kelas 5 SD
- Pelajar naik GRAB, KJP dicabut
- Kantin sekolah tidak menerima uang cash, wajib gopay
- Bus sekolah ditiadakan, ganti GOJEK
Ohhhh asiikknyaaa," ungkapnya.

Lelucon selanjutnya yakni mengenai cashback, promo yang terus menjadi kesukaan para pelanggan.

"Nadiem jadi Mendikbud, bayar semesteran dapet cashback 50% maksimal 50 ribu," cuit semangkasegar.

Berbagai layanan Gojek, seperti gopay, gocar, go-clean, go-message, dan lain-lain pun tak lepas dari bahan konten warganet.

"Nadiem jadi Mendikbud:
1. Bayar makanan di kantin pake gopay
2. Bayar spp, seragam, buku, dll pake gopay
3. Antar jemput sekolah pake gojek/gocar
4. Kalo mau pesen makanan dari luar pake gofood.
5. Bersihin sekolah pake go-clean
6. Kalo pegel pijit pake go-massage," tulis @JeromePolin.

Sementara itu, @tyastika mengaku kaget dengan diangkatnya Nadiem menjadi mendikbud. Ia juga mengungkapkan kesedihannya lantaran Susi Pudjiastuti tidak lagi menjadi menteri.

"Sedih Bu Susi ndak masuk menteri lagi. Kaget Nadiem jadi Menteri Pendidikan. Kebijakan Mendikbud ntar tiap ngajar guru dapat rating, kalau jam full dapat gratis Gopay, ada murid yang bolos langsung bintang 1 & bisa bayar SPP pakai GoPay cashback 10%. Terus KBMnya sesuai aplikasi Go-School," tulisnya.

Nah, kalau yang satu ini bisa menjadi ide baru untuk program kerja Nadiem. "Nanti ada aplikasi guru mirip go-jek. Setiap siswa bisa kasih review bintang. Kebanyakan dapat bintang 1, siap-siap guru di-suspend. Bintang 5 bonus cair. Semangat mengajar dengan baik teman-teman. #mendikbud #kabinetjokowi #KabinetIndonesiaMaju," tulis @rodiaman_id.

Kalau yang terakhir ini tak kalah kocak. Yakni Nadiem memfasilitasi tawuran pelajar dengan menggunakan aplikasi. Sehingga tawuran pelajar di kehidupan nyata pun bisa berkurang.

"Bang Nadiem jadi Mendikbud mengurangi tawuran pelajar dengan aplikasi go-fight yaitu tawuran dengan VR," tulis @fajar17.

 

Tag's Berita

End of content

No more pages to load