Kantor DPRD Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Kantor DPRD Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)



Efektivitas Kunjungan Kerja Luar Kota DPRD  4

Acara kunjungan kerja atau studi banding ini bukan hanya dilakukan anggota DPRD Lumajang. DPRD dari daerah lainnya juga melakukan hal yang sama, dan kadang ada juga DPRD dari kabupaten lain yang datang ke Lumajang  untuk keperluan yang sama, yakni kunjungan kerja.

Besok, Rabu (21/8) 50 anggota DPRD Lumajang Periode 2019-2014 akan dilantik dalam acara pengambilan sumpah. 50 anggota DPRD baru ini akan bekerja selama lima tahun kedepan. Akankah mereka juga akan melanjutkan studi banding yang sama seperti anggota dewan sebelumnya ? 

Sekretaris DPRD Lumajang Suntariyono, S.Pd, MH kepada media ini mengatakan, untuk anggaran kunjungan kerja tahun 2019 sudah disediakan dalam APBD, namun anggota dewan baru ini belum bisa melakukan kegiatan-kegiatan itu sampai terbentuknya alat kelengkapan dewan yang baru. 

"Dalam pengambilan sumpah besok hanya ditunjuk Ketua DPRD Sementara. Ketua sementara ini akan memfasilitasi terbentuknya kelengkapan dewan, seperti Ketua DPRD dan wakil-wakilnya, Ketua Komisi, Ketua Badan Kehormatan dan kelengkapan dewan lainnya," kata Suntaryono. 

Setelah seluruh kelengkapan dewan ini terbentuk barulah anggota dewan baru ini akan melakukan musyawarah yang akan menyusun rencana kerja bersama seluruh anggota, termasuk didalamnya kegiatan kunjungan kerja. 

"Kalau anggarannya sudah ada, tapi untuk kegiatannya menunggu proses kelengkapan dewan dulu," tegas Suntaryono via sambungan ponselnya, hari ini, Selasa (20/8).  

Suntaryono juga mengatakan, kunjungan kerja ke luar kota itu dilakukan sesuai dengan keperluan. Jika tidak ada keperluan, maka kunjungan kerja tidak akan dilakukan.  

"Misalnya kita perlu Perda tentang merokok ditempat umum, maka kita akan melakukan studi banding ke daerah yang sudah memiliki Perda itu. Jadi ada tujuan yang positif dalam kunjungan kerja itu," papar Suntaryono lagi. 


End of content

No more pages to load