Waspada Buka Link Sembarangan, Bisa Jadi Anda Sedang Disadap

Kemajuan teknologi tak harang disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Salah satunya untuk melakukan penyadapan yang tak sesuai peruntukan. (Istimewa).
Kemajuan teknologi tak harang disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Salah satunya untuk melakukan penyadapan yang tak sesuai peruntukan. (Istimewa).

LUMAJANGTIMES, MALANG – Perkembangan teknologi memang memiliki sisi positif dan negatif. Positifnya, segala sesuatu bisa semakin mudah dilakukan dengan kemajuan teknologi yang ada. Tapi negatifnya, masih ada beberapa oknun tak bertanggung jawab yang menyalahgunakan peruntukan sebuah teknologi yang berhasil diciptakan.

Salah satunya seperti yang dialami seorang warganet yang belum lama ini curhat pengalaman buruknya melalui media sosial Twitter. Perempuan berhijab dengan nama akun @saraswtt itu menceritakan bahwa dia menjadi salah satu korban kejahatan sebuah teknologi.

Hal itu bermula saat ia mendapat pesan direct message (DM) dari salah satu teman laki-laki yang ia kenal saat sekolah. Dengan modus untuk meminta tolong memilihkan sebuah baju, @saraswtt mendapat kiriman sebuah link yang disebut temannya adalah link untuk memilih beberapa produk baju. 

Karena merasa kenal dengan temannya itu meski tak terlalu dekat, ia pun tanpa curiga membuka link tersebut. Namun setelah dibuka, ia mendapat notifikasi allow camera yang secara tidak langsung mengaktifkan kamera pemilik ponsel tanpa disadari.

"Aku abis kena sadap, jd dia temenku cowok minta tolong buat milihin bbrp baju trs dia kirimin link gt. nah krn dia dm aku bukanya via dm.
jd br ketauan kl buka dr safari ada notif 'allow camera' jd direkan gt dr camera hp kita secara gak sadar," cuit @saraswtt.

Saat kejadian itu, ia mengaku sedang berada di luar rumah, tepatnya berada di dalam mobil. Kejadian tidak mengenakkan tersebut  bahkan membuatnya sangat kesal dan trauma saat harus bermain gadget. Bahkan ia mengaku harus menutup kamera gadget miliknya saat sedang berselancar.

"Untungnya aku lg di luar, semisal aku lg sendiri dikamar kan serem banget. ceritain lebih lanjut gak ni beserta buktinya? kripi bgt sumpahfyi bukan temen deket cuma tau aja krn pernah satu sekolah," cuitnya lagi.

Dari pengalaman itu, ada baiknya kita bijak dalam memanfaatkan teknologi ya gengs. Selain itu, jangan sampai mudah mengakses link yang dikirimkan melalui berbagai aplikasi seperti media sosial. Semoga kejadian yang diceritakan tersebut menjadi salah satu pelajaran untuk kita semua.

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top