Tahun 2020 Akan Dibuat Jalan Tembus Dari Ranu Pani ke B29

Pertemuan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq dengan Kementerian LHK di Bogor (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Pertemuan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq dengan Kementerian LHK di Bogor (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES – Dari 17 item yang diusulkan Pemkab Lumajang ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan adalah pembangunan jalan tembus dari Ranu Pani ke B29. Ini direncanakan untuk memberikan akses kepada wisatawan dari luar Lumajang menuju B29.

Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq dalam sambungan telepon dengan media ini mengatatakan, perencanaan dilakukan setelah pihaknya pada hari ini membicarakan pengembangan wisata di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

Bupati juga mengatakan, selain optimalisasi potensi yang sudah ada disektor bawah, Lumajang juga akan mengembangkan potensi pendakian ke Gunung Semeru, khususnya dibidang pelayanan dan jasa lainnya.

"Kita akan meningkatkan layanan kepada para pendaki, misalnya pemeriksaan kesehatan, guide untuk pendakian ke Semeru yangg harus ditata semikian rupa dan harus dipilih dari orang-orang yang memang berkompeten sehingga pelayanan untuk para  pendaki menjadi lebih baik,"  kata Bupati kemudian.

Bupati kemudian menjelaskan, program bersama untuk membangun destinasi wisata di TNBTS akan meliputi seluruh fasilitas dari Senduro sampai dengan Ranu Pani, termasuk sejumlah kawasan yang akan dilalui, seperti di ireng-ireng.

Ketika ditanya targetnya, Bupati menyatakan bahwa semuanya bergantung dengan pemerintah pusat, karena dana yang akan digunakan adalah dana dari pusat disamping sharing dengan APBD.

"Tapi untuk pembicaraan hari ini belum sampai ke soal anggaran. Kita membuat kesepakatan tentang item dan tiiknya dulu. Kami memiliki target tahun 2020 sudah mulai ada perubahan wajah di Ranu Pani dan sekitarnya, termasuk di B29," tegasnya kemudian.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top