Komisi B : Libatkan Pedagang Untuk Mencari Solusi Pasar Artha Gama

H. Akhmat, Wakil Ketua Komisi B DPRD Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
H. Akhmat, Wakil Ketua Komisi B DPRD Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES – Mangkraknya pasar Artha Gama Lumajang yang merupakan penampungan mantan pedagang Taman Mini Alun-Alun Lumajang memperoleh respon dari Wakil Ketua Komisi B DPRD Lumajang H. Akhmat ST.

Menurut H. Akhmat, yang sangat mengetahui kenapa para pedagang meninggalkan Artha Gama adalah para pedagang sendiri. Jelas penyebabnya adalah sepi pembeli, namun kenapa sepi, maka pedaganglah yang paling tahu akan hal itu.

“Kalau yang datang kesana banyak dan dagangan mereka laris, nggak mungkin mereka akan meninggalkan pasar Artha Gama. Makanya untuk mencari solusinya harus melibatkan pedagang disana, kemudian kalau sudah diketahui baru ditentukan solusinya seperti apa,” kata H. Akhmat ST kepada media ini.

H. Akhmat juga mengatakan, agar penataan pasar Artha Gama harus dikaji lebih dulu, agar barang yang dijual tidak sama dengan para pedagang yang ada diluar yang selama ini berjualan badan jalan Gajahmada Lumajang.

“Pasar Artha Gama itu kan masuk ya. Sedangkan diluar pasar itu ada banyak yang berjualan dengan jenis barang yang hampir sama. Seperti penjual makanan misalnya. Maka ini sebenarnya sebuah masalah juga. Kalau jualan mereka sama, untuk apa masuk kedalam, kalau diluar juga ada,” kata H. Akhmat kemudian.

Karena itu penyelesaianya harus total. Menurut polisi PPP ini, kalau memang penerangannya kurang, maka yang harus dilakukan adalah memberikan penerangan yang cukup. Jika memang perlu penertiban kepada pedagang lain, maka penertiban itu juga harus dilakukan.

“Kalau setengah-setengah pasti tidak akan bisa menyelesaiakan. Disepanjang jalan Gajahmada ini sudah banyak pedagang yang selama ini menggunakan badan jalan dan trotoar untuk berjualan. Kalau dagangan yang ada di dalam pasar sama dengan yang ada diluar, maka mereka akan tetap kalah bersaing. Intinya ajak bicara para pedagang disana dan ditanya maunya seperti apa. Kalau kita dari Legislativ akan mendukung langkah pemerintah jika akan melalukan penataan ulang terhadap UKM yang ada disana,” kata H. Akhmat kemudian.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top