Dinas Perdagangan Berencana Revitalisasi Pasar Artha Ghama

Pasar Artha Gama yang dulu selalu dipadati pembeli, kini pedagang tak mau lagi jualan (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Pasar Artha Gama yang dulu selalu dipadati pembeli, kini pedagang tak mau lagi jualan (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES – Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang berencana akan melakukan revitalisasi Pasar Artha Gama Lumajang, namun bentuknya seperti apa, sampai sekarang masih dalam proses analisa, sehingga kedepan pasar yang menampung PKL Eks Alun-Alun Lumajang terdebut dapat benar-benar berkembang seperti yang diharapkan.

Kabid Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang Yudi Prasetyo kepada media ini mengatakan, pihaknya belum mengetahui sejak kapan pasar tersebut ditinggalkan oleh para pedagang. Namun diakuinya sudah cukup lama.

“Kalau pastinya saya nggak tahu sejak kapan, yang pasti sudah agak lama. Sekarang sebenarnya masih ada yang berjualan pada sisi depan saja. Sedangkan yang di belakang sudah banyak yang tidak berjualan lagi,” kata Yudi Prasetyo.

Dijelaskan untuk melakukan penataan atau revitalisasi diperlukan analisa yang memadai, termasuk didalamnya soal anggaran. Karena penataan itu sendiri tidak terlepas dari anggaran.

“Kita tidak serta merta melakukan penataan. Sekarang ini banyak pedagang yang ijinnya sudah mati. Dan sudah kita surati mereka apakah akan memperpanjang ijinnya atau tidak. Jika memang tidak ada respon dari mereka, maka akan kita cabut ijin mereka,” kata Yudi kemudian.

Sementara penataan sendiri tidak bisa secepatnya, karena didalamnya diperlukan anggaran apalagi jika ada perubahan bentuk dari pasar Artha Gama tersebut.

“Tidak bisa kalau secepatnya, karena memerlukan anggaran. Jika revitalisasi itu misalnya memerlukan perubahan termasuk peruntukannya, maka harus dianggarkan dulu, baru revitalisasi itu bisa dilakukan,” kata Yudi kemudian.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top