Polisi Kota Malang Cekal Satu Rombongan ke Jakarta Jelang Aksi 22 Mei

Heru saat diwawancarai dari luar pagar oleh MalangTIMES, karena media tak diperbolehkan masuk ke halaman Polres Malang Kota (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Heru saat diwawancarai dari luar pagar oleh MalangTIMES, karena media tak diperbolehkan masuk ke halaman Polres Malang Kota (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

LUMAJANGTIMES, MALANG – Penghadangan massa yang akan berangkat ke Jakarta mula dilakukan di Kota Malang. Sekelompok orang yang berada dalam satu rombongan bus, digiring ke Polres Malang Kota sekitar pukul 13.00.Rombongan yang akan berangkat ke Jakarta itu rencananya bertolak dari kawasan Permata Jingga dengan naik bus. Rencananya, rombongan itu akan ke Jakarta untuk mengikuti aksi massa pada tanggal 22 Mei 2019.

Dari kawasan Permata Jingga, Rombongan bus yang berisi sekitar 20 orang tersebut, digiring oleh dua unit mobil patroli dan beberapa motor patroli polisi. Mereka langsung digiring masuk ke halaman Polres Malang Kota.

Para penumpang dalam rombongan tersebut, kemudian diminta untuk turun dan identitas mereka satu persatu dimintai petugas. Satu-persatu dari mereka kemudian diperiksa oleh petugas, di ruang pemeriksaan.

Awak mediapun sempat dilarang oleh petugas kepolisian untuk mengambil gambar. Media pun hanya bisa menunggu di luar halaman Polres Malang Kota, sembari menunggu diperbolehkan masuk.

 

 

Dan mengenai pengaman rombongan bus tersebut, Heru Pamungkas, salah satu orang peserta rombongan tersebut, menjelaskan, jika ia bersama rombongan, memang akan pergi ke Jakarta untuk mengikuti aksi yang bisa dibilang merupakan aksi kedaulatan rakyat yang intinya hanya buka bersama sembari menunggu pengumuman kaitan dengan Pemilu 2019.

"Kami tidak melakukan apa-apa. Ya mungkin nanti bisa juga ada penyampaian pendapat.  Tapi akhirnya kita kemudian malah digiring kesini, surat STNK maupun SIM dari pengemudi juga diminta," jelasnya kepada malangtimes.com ditemui di halaman Polres Malang Kota.

Lanjutnya, ia pun mengaku sempat ditelepon oleh Kasat Intel Polres Malang Kota, AKP Budi Winarto yang memberikan himbauan untuk tidak berangkat ke Jakarta. Namun ia menegaskan, jika memang pihaknya tidak terindikasi adanya pelanggarnya pidana, pihaknya meminta untuk agar kepergiannya bertolak ke Jakarta untuk bisa diizinkan.

"Kalau tidak ada indikasi pidana, ya biarkan kami melintas, kan biasa berangkat bareng-bareng. Masalah tujuannya kami nanti dan sebagainya kan disana. Disini kami kan nggak melakukan apa-apa. Hak kami sebagai warga negara, mau pergi kemana, sama siapa. Ini nggak ada dari kelompok-kelompok mana, ini murni dari orang-orang yang hati nuraninya terpanggil ,"bebernya

Saat ini, ia dan rombongan tengah menunggu pemeriksaan satu persatu peserta usai. Namun dalam pemeriksaan tersebut, ia sempat komplain, mengenai lamanya pemeriksaan. Pasalnya jumlah rombongannya yang dirasa cukup banyak, namun hanya diperiksa oleh satu petugas.

"Yang memeriksa hanya satu, terus kapan selesainya. Kami minta nggak usah basa-basi, kalau memang ada prosedur lakukan, tapi kalau memang nggak da alasan yuridis formal ya kami diizinkan. Kalau nantinya ditakutkan ada resiko keamanan dan sebagainya kan itu baru dugaan. Dan itu kan tugas mereka mengamankan," jelasnya

"Yang penting kami secara pribadi maupun tidak melakukan apa-apa. Pokoknya kami kooperatif, tadi semua tas-tas diperiksa. Kami memang memahami mereka menjalankan tugas. Tapi ya mohon maaf, ini kan bulan Puasa, mohon dipercepat lah," tambahnya.

Ditanya bilamana nantinya petugas melakukan pelarangan untuk berangkat ke Jakarta, Heru menjelaskan, jika ia tak mau berandai-andai. "Saya taat hukum, bilamana memang nggak ada apa-apa, mbok ya bisa diizinkan," pungkasnya.

Sementara itu, sampai saat ini, pemeriksaan para peserta rombongan satu persatu masih terus berjalan di Polres Malang Kota. Belum jelas pasti, kapan pemeriksaan akan selesai.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top