Menjadi Satu-Satunya Produsen GRC di Lumajang, Ini Penjelasan Pemiliknya

Muhammad Uday Robiansyah (24) pengusaha muda Lumajang yang bergerak dibidang produksi GRC (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Muhammad Uday Robiansyah (24) pengusaha muda Lumajang yang bergerak dibidang produksi GRC (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES – Glass Fiber Reinforced Concrete atau yang lebih dikenal dengan GRC merupakan elemen dekorativ yang sangat kuat karena merupakan beton fiber bertulang yang memiliki banyak keunggulan sebagai elemen  bangunan, baik interior maupun eksterior.

Tak hanya pada bangunan pribadi, sejumlah fasilitas umum seperti perkantoran dan masjid banyak menggunakan GRC untuk memberikan kesan artistik namun kuat, tetapi tetapi ringan karena berbahan fiber.

Sebenarnya di Lumajang produk GRC ini sudah mulai dikenal luas, namun sayangnya tidak banyak yang memproduksi GRC sehingga pemenuhuan kebutuhan akan GRC ini baru bisa dilakukan oleh CV. Pain Day milik Muhammad Uday Robiansyah, pemuda berusia 24 tahun asal desa Tekung Lumajang.

Salah satu produk GRC dari Lumajang

“Selama ini untuk kabupaten Lumajang baru kita satu-satunya produsen GRC ini, yang murni pembuatannya dilakukan di Lumajang.  Sehingga pemesan bisa menentukan sendiri bentuk, ukuran maupun disainnya. Jika beli diluar mungkin bentuknya sudah jadi, kita keunggulannya semuanya dikerjakan sendiri,” kata Uday panggilan akrabnya.

Karena menjadi satu-satunya produsen GRC di Lumajang, maka selama ini Uday banyak menerima pesannya dari sejumlah kota, termasuk dari Jember dan Banyuwangi. Bahkan sebuah bangunan diluar Jawapun pernah dikerjakan oleh perusahaan milik Caleg dari Partai Hanura ini.

“Dengan mengerjakan sendiri di Lumajang, jatuh harganya juga lebih murah. Kita juga mengerjakan pemasangan sampai dengan finishing, yang didukung oleh tenaga kami yang sangat berpengalaman dalam pemasangan GRC. Selama ini memang lebih banyak digunakan untuk pemasangan kubah masjid,” jelas Uday, salah satu kontraktor muda Lumajang ini.

Uday juga mengatakan, sebagai salah satu elemen decorativ, GRC memang memiliki keunggulan lebih mudah dibentuk namun tetap memiliki ketahanan yang prima. Fungsinya sebagai elemen interior dan eksterior sangat cocok karena memiliki ketahanan terhadap pengaruh cuaca bahkan tahan air untuk panel di kamar mandi misalnya.

Bagi masyarakat, peluang usaha GRC ini sebenarnya sangat terbuka. Uday menyebut, sekarang ini banyak rumah dan kantor yang ingin meningkatkan kualitas dekoratifnya dengan menggunakan GRC, disamping karena ringan dan kuat, dari sisi biaya sebenarnya sangat terjangkau.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top