Quality Lumajang, Program Pemberdayan Ekonomi Berbasis Potensi Lokal

Di Forum diskusi publik inilah Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq melempar gagasan Quality Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Di Forum diskusi publik inilah Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq melempar gagasan Quality Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES – Ada hal menarik yang disampaikan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, ketika berbicara dalam Diskusi Publik Membedah 5 Bulan Pemerintahan Cak Thoriq dan Bunda Indah, yang digelar FKWL dalam rangka Hari Pers Nasional, pada hari ini Kamis (7/2) di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.

Bupati menyebut istilah Quality Lumajang sebagai terobosan untuk memberikan nilai tambah kepada seluruh produk Lumajang sebelum dilempar ke pasaran, baik di Lumajang maupun untuk konsumsi masyarakat diluar Lumajang.

“Dengan Quality Lumajang kita akan memberikan jaminan bahwa setiap produk yang keluar dari Lumajang sudah melalui serangkaian uji kualitas, dan semuanya harus berbasis potensi yang ada di Kabupaten Lumajang. Kita memiliki potensi yang sangat besar yang bisa dikembangkan,” kata Bupati Lumajang, usai acara Diskusi Publik tersebut.

Bupati mengatakan, Lumajang memiliki potensi kelapa, bahkan kelapa muda, juga nangka dan pisang dan aneka produksi lainnya. Jika semua itu dikelola dengan baik dalam penjualan, mulai dari kemasan sampai kepada kwalitasnya, maka barang-barang itu akan bisa dijual dengan harga yang lebih mahal.

“Pisang kita, nangka, alpukat, dan sejumlah produk pertanian lainnya jika dipilih yang benar-benar berkwalitas, maka harganya akan lebih mahal. Melalui program Quality Lumajang ini, maka barang-barang itu bisa dijual dalam bentuk packing yang baik, tentu saja dengan harga yang lebih mahal,” jelasnya kemudian.

Tak hanya produk pertanian, kekayaan tambang Lumajang kedepan akan diusakan agar ada investasi yang masuk, sehingga keluar dari Lumajang sudah dalam bentuk barang jadi, dan harganya akan lebih tinggi. Tentu saja ini akan memberikan peluang kerja dan menekan angka pengangguran di Lumajang.

“Yang terpenting bisa menjaga kwalitasnya dengan standart yang ditentukan, misalnya standart SNI, maka pasir kita akan menjadi barang jadi dengan harga yang lebih baik. Inilah yang akan kita usahakan kedepan,” katanya lagi, kepada media ini.

Cak Thoriq, panggilan akrabnya, kemudian menyatakan bahwa Quality Lumajang harus menjadi jaminan, bahwa siapapun yang membeli barang dari Lumajang pasti puas karena kwalitasnya. “Memang produk kita banyak yang bagus, tinggal bagaimana mengemas dan memberikan nilai tambah kepada barang-barang itu,” harapnya kemudian.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top