10 Desain Kostum Nasional Tergila di Miss Universe 2018, Ada Yang Berubah Jadi Duyung

Foto istimewa
Foto istimewa

LUMAJANGTIMES, MALANG – Dalam ajang Miss Universe, selalu ada kontes kostum nasional. Dalam kontes ini, setiap negara gila-gilaan mendesain kostum yang merepresentasikan negaranya. 

Untuk diketahui, pemenang kostum nasional 2018 adalah Laos. Selain Laos, banyak kostum nasional unik dan terbaik di ajang Miss Universe. Inilah 10 kostum nasional terbaik tersebut.

10. Vietnam


Miss Vietnam H'Hen Nie tampil sangat memikat di lomba Miss Universe 2018. H'Hen Nie memamerkan kostum tema nasional yang mungkin sebagian orang merasa itu lucu, bahkan bikin lapar, namun sangat mengesankan. Kostum nasionalnya dipenuhi ornamen berbentuk roti di atas tudung saji.

H'Hen Nie berjalan  melenggak-lenggok di atas panggung dengan satu roti mainan di tangan. Jika dilihat, seperti seorang wanita cantik di tengah-tengah tumpukan roti. Memang, kostum ini mengambil tema Banh Mi, yakni jajanan pinggir jalan yang terkenal di Vietnam.

9. El Salvador


Miss El Salvador Marisela de Montecristo dengan percaya juga menampilkan kostum nasionalnya yang membahana. Saat berjalan dari arah belakang panggung menuju ke depan, Miss El Salvador ini menuai tepuk tangan yang meriah.

Pasalnya, kostum yang digunakannya berupa kostum bulu-bulu dengan tambahan ornamen topeng. Kostum dengan nuansa festival berwarna putih dan sedikit tambahan bulu biru terang di bagian kepalanya. Kostum ini merepresentasikan festival di Kolombia yang memiliki sejarah dan berlangsung hingga 500 tahun.

8. Meksiko


Miss Meksiko Andrea Toscano juga memamerkan kostum nasional yang sangat bagus, yakni kostum berwarna-warni yang cerah. Kostum ini merepresentasikan negaranya. Sebuah ornamen yang ada di bagian kepala dikelilingi bulu-bulu kuning dan biru dengan jubah yang melingkar berwarna-warni. Kostum yang bagus cocok dengan wajah gadis kelahiran 1998 ini.

7. Thailand


Miss Thailand Sophida Kanchanarin sebagai tuan rumah menampilkan kostum yang juga terlihat menggelikan sekaligus unik. Kostum yang digunakannya adalah kostum berwarna putih terang dengan bentuk kepala gajah lengkap dengan belalainya menjadi jubah dan menjuntai dari belakang.

Tampil memukau, Miss Thailand ini tidak sedikit pun kesusahan dengan kostum tersebut. Kostum ini sendiri mengambil nuansa negara Thailand, yakni gajah sebagai hewan yang sangat berarti di Thailand. Dari kejauhan, Miss Thailand seperti seekor seekor gajah mini yang melenggak-lenggok di atas panggung.

6. Panama


Miss Panama Rosa Iveth Montezuma dalam kontes kostum nasional berhasil memukau penonton dengan kostumnya yang mewah, indah, dan unik. Kostum yang dikenakannya dipenuhi ornamen bulu dan warna biru terang.

Kostum ini terinspirasi oleh salah satu tokoh legenda yang melahirkan banyak cerita rakyat yang ada di Panama. Rosa pun memamerkan dengan gaya yang begitu anggun sambil mengangkat tangan ke atas dan melempar senyum ke penonton.

5. Ekuador


Miss Ekuador Virginia Limongi berjalan dengan ceria dari balik panggung melenggak-lenggok dengan kostum yang cantik. Kostum yang ia kenakan dominan berwarna kuning biru berbentuk burung khas Ekuador.

Walaupun tidak memenangkan kontes nasional kostum, kostum dari Ekuador menjadi kostum terbaik dalam ajang ini. Virginia Limongi juga terlihat sudah sangat lihai dalam memamerkan kostum nasionalnya.

4. Puerto Rico


Miss Puerto Rico Kiara Ortega tampil dengan sangat cantik. Kostum nasional yang ia tampilkan sedikit berbeda dari yang lain. Tidak begitu banyak terinspirasi dari cerita rakyat, hewan endemik, atau tokoh legenda di negaranya.

Di sini, Kiara begitu anggun menggunakan kostum berwarna putih, biru, dan merah, tiga warna dalam bendera nasionalnya. Kostum ini juga menampilkan empat tangan menengadah ke atas dan sebuah bintang di atas kepala dengan bola putih di pegangannya.

3. Indonesia


Yang mencari kostum nasional terfavorit adalah kostum yang dipamerkan oleh Miss Indonesia Sonia Fergina Citra. Sonia melenggak-lenggok di panggung sambil merentangkan tangannya. Ia menggunakan kostum bertema The Bird of Paradise. Kostum tersebut adalah perpaduan antara kain songket Palembang, dengan bordiran bermotif bulu dari burung merak. Kostum ini sendiri membawa keelokan burung cenderawasih khas Papua, burung yang dijuluki sebagai burung surga.

Burung endemik Papua ini meraih banyak komen positif. Bahkan seorang desainer asal Amerika Serikat sangat menyukai kostum dari tanah air ini. Sonia, gadis asal Bangka Belitung ini, memperagakan kostum dengan gaya yang menyerupai gadis adat. 

Di unggahan YouTube saja, kostum Indonesia menjadi pilihan. Setidaknya 80 persen nama Indonesia selalu disebut sebagai kostum terbaik. Bahkan sang juara dari Laos memuji kostum nasional Indonesia.

2. Peru


Miss Peru Romina Lozano termasuk dalam jajaran kostum nasional favorit. Kostum yang ia peragakan di Miss Universe kali ini membawa tema alam yang sangat hijau. Di awal masuk panggung, ia mengenakan kostum serupa bikini dengan dedaunan di bagian belakang dan mahkota hijau menghiasi.

Kemudian kostumnya ia ubah dengan memutar roknya. Ia kemudian berubah menjadi ikan duyung yang cantik dengan harpa di tangan kanannya. Kostum ini menarik bagi banyak orang karena unik dan memperlihatkan keelokan Romina.

1. Laos


Pemenang untuk kontes kostum nasional terbaik adalah Laos. Wakil dari Laos mengenakan kostum yang unik dengan nuansa budaya Laos yang kental. Kostum ini bertema tiga Buddha. Perwakilan Laos bernama On-anong Homsombath terlihat seperti replika Buddha di atas panggung. Kostumnya berwarna keemasan dengan dua sosok tambahan di bagian depan dan belakangnya.

Walaupun temanya tiga Buddha, sebenarnya kostum ini terinspirasi dari makhluk legenda bernama Kinnaree. Kinnaree adalah wanita setengah Budha dalam cerita rakyat lokal. Nah, On-anong memeragakannya dengan sesekali mengepakkan sayapnya serupa burung. Dua sosok tambahannya atau bonekanya pun akan mengikuti gerakan On-anong. (*)

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top