Unik! Peserta Candil Asal Tukum Memakai Pakaian Ala Papua dari Bahan Bekas

Peserta Candil 2018 berkostum unik. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)
Peserta Candil 2018 berkostum unik. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)

LUMAJANGTIMES – Yang selalu dinanti dalam setiap pelaksanaan Gerak Jalan Tradisional Candil (Candipuro - Lumajang) adalah kostum pesertanya. Kreativitas peserta sendiri menjadi salah satu penilaian juri dalam gelaran acara ini.

Salah satu kostum peserta yang menarik perhatian adalah kostum tema Papua yang dikenakan oleh warga Tukum Lumajang. Nafik, ketua rombongan tersebut menjelaskan bahwa setiap tahunnya mereka rutin ikut Candil dengan memakai kostum unik.

"Tahun kemarin kami memakai kostum dari karung bekas. Untuk tahun ini kami memakai tema Papua, dengan menggunakan bahan bekas seadanya," ungkap Nafik, saat  apel pemberangkatan Candil di Lapangan Candipuro, Sabtu (29/12/2018).

Nafik yang juga menjabat sebagai Ketua RW 10 Kecamatan Tukum mengajak 9 warganya untuk ikut dalam gelaran Candil 2018 ini, mereka ikut sebagai peserta perorangan. Tahun lalu, Nafik dan rombongannya juga masuk sebagai salah satu pemenang kostum unik.

Galih Permadi, Ketua Panlok Candil 2018 menyatakan bahwa hingga apel pemberangkatan, tercatat total peserta sebanyak 5.594 peserta. Terdiri dari 3.854 peserta perorangan putra/putri, 140 peserta beregu umum putra/putri, serta 35 beregu pelajar putra/putri.

Sementara itu saat apel pemberangkatan peserta Candil 2018 di Lapangan Candipuro, Bupati Lumajang Cak Thoriq menyatakan kebanggaannya karena Candil selalu mengalami peningkatan peserta dari tahun ke tahun.

"Saya berharap tahun depan event ini bisa lebih meriah agar bisa dijadikan event yang mendongkrak potensi pariwisata di Lumajang. Saya tadi melihat banyak peserta yang berpakaian unik, ini membuktikan bahwa orang Lumajang ini kreatif-kreatif," ungkap Bupati Lumajang.

Pewarta : Pawitra Huda Pradana
Editor : A Yahya
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top