Dekati Libur Tahun Baru, Kapolres Lumajang Pantau Langsung Obyek Wisata B29

Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban ketika berada di B29 (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban ketika berada di B29 (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES – Mendekati libur Natal dan Tahun Baru Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK, Minggu (23/12) sore kemarin melakukan pemantauan langsung ke obyek wisata Puncak B29. Banyak hal yang ingin diketahui Kapolres Lumajang, salah satunya adalah masalah keamanan jalan, dan kemungkinan gangguan kriminalitas.

"Obyek wisata B29 ini sangat diminati oleh sejumlah wisatawan yang ingin menikmati wisata alam gunung Bromo dari sisi Lumajang. Pengunjungnya pun tidak hanya dari Lumajang saja, namun juga dari luar kabupaten. Bahkan ada juga dari mancanegara. Karenanya keamanan harus betul-betul kita pastikan, baik dari sisi jala yang cukup terjal maupun kemungkinan adanya gangguan kamtibmas lainnya," kata Kapolres Lumajang Arsal Sahban kepada media ini.

Dalam pandangan polisi, menurut Kapolres, setiap keramaian selalu saja ada kemungkinan timbulnya kerawanan, terutama dari sisi keamanan dan ketertiban itu. Karenanya Polres Lumajang berencana untuk menurunkan personilnya untuk menjaga keamanan yang dilokasi B29 selama libur panjang ini.

"Kami akan siagakan personil dilokasi yang rawan kecelakaan lalulintas maupun kriminalitas. Jangan sampai pengunjung yang ingin bersenang-senang, malah akan kena celaka," ujar Kapolres kemudian.

Terkait dengan jalur menuju B29 yang cukup terjal dengan jalanan yang tidak terlalu lebar, Kapolres berharap agar wisawatan tidak menggunakan motor matic. Karena jalurnya sebagian besar adalah tanjakan, maka diharapkan masyarakat yang akan menuju B29 menggunakan motor non matic.

"Saya ke B29 bersama Kasat Lantas, dan kesimpulannya memang sebaiknya tidak menggunakan motor matic. Bahkan saya berharap kepada wisatawan  untuk menggunakan jasa ojek yang lebih berpengalaman dijalur tersebut. Biayanya juga terjangkau antara Rp 70 ribu sampai Rp 100 ribu perorang," jelas Kapolres kemudian. 

 

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
-->