Sempat Vakum 4 Tahun, Batik Lumajang On The Street Akan Dijadikan Event Nasional

Salah satu peserta Batik Lumajang On The Street 2018. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)
Salah satu peserta Batik Lumajang On The Street 2018. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)

LUMAJANGTIMES – Setelah sempat vakum selama 4 tahun, Batik Lumajang On The Street (BALOS) digelar kembali dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Lumajang ke-763 tahun ini. Event ini sendiri dihelat hari Sabtu (24/11/2018) dalam dua sesi, siang untuk siswa TK/PAUD/SD dan malam untuk SMA dan umum.

"Kegiatan yang sempat vakum 4 tahun ini memang bertujuan untuk mempromosikan batik Lumajang. Harapannya batik Lumajang dapat dikenal oleh masyarakat seluruh Indonesia, bahkan mancanegara," ujar Shandy Damara, pelaksana sekaligus inisiator BALOS.

BALOS kali ini digelar di Alun-Alun Lumajang, peserta kelas umum harus berjalan dari panggung utama dan finish di Perempatan ST, Jln. PB. Sudirman. Tema BALOS tahun ini adalah "Batikku, Batik Lumajang" yang sukses menyita perhatian masyarakat yang memadati sepanjang ruas jalan.

Dalam pelepasan peserta BALOS di panggung utama, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML dan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperwati, M.Si, beserta seluruh undangan VIP memakai batik khas Lumajang.

Bupati Lumajang menyampaikan bahwa untuk perayaan HARJALU ke depan, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan menyelenggarakan event BALOS lebih meriah dengan konsep event kelas nasional.

"Kami ingin tahun yang akan datang, kami akan naikkan levelnya menjadi level nasional, designer seluruh Indonesia akan kami hadirkan di Kabupaten Lumajang. Dengan demikian event ini bisa memperkenalkan Lumajang kepada masyarakat luas," ungkap Cak Thoriq, sapaan H. Thoriqul Haq.

Sementara itu Wabup Lumajang Bunda Indah menyampaikan bahwa event-event yang ada di Kabupaten Lumajang harus mendatangkan manfaat untuk masyarakat. Menyinggung banyaknya pedagang yang masuk area, Bunda Indah mempersilahkan para pedagang masuk di acara, namun dengan catatan harus memperhatikan sampahnya.

"Agenda seperti ini akan lebih sering diadakan, dan pedagang asongan boleh masuk, tetapi sampah-sampah harus dibuang pada tempatnya," ujar Bunda Indah.

Kedua pemimpin ini turut berjalan kaki membuka iringan peserta BALOS, bersama sejumlah OPD dan Camat se-Kabupaten Lumajang. Tak ayal di sepanjang ruas jalan yang telah disterilkan, kedua pemimpin ini mendapat aplaus dan sambutan hangat dari penonton.

 

Pewarta : Pawitra Huda Pradana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top