Gelar Forum di Ranu Klakah, Komunitas Maiyah Bromo Akan Datangkan Cak Nun

Pengajian Maiyah Bromo saat menggelar kajian terbuka di tepi Ranu Klakah. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)
Pengajian Maiyah Bromo saat menggelar kajian terbuka di tepi Ranu Klakah. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)

LUMAJANGTIMES – Maiyah belakangan ini menjadi fenomena yang digandrungi banyak masyarakat. Pengajian bersama Cak Nun (Emha Ainun Nadjib) ini bisa menjadi oase kesejukan di tengah masyarakat.

Di Lumajang sendiri, pengajian ini sudah berdiri sejak 7 bulan terakhir dan telah menggelar 7 kali forum diskusi ala Maiyahan. Seperti halnya saat jamaah ini menggelar forum di tepi danau Ranu Klakah, Minggu (9/9/2018).

"Sebelumnya saat awal berdiri kami bernama Maiyah Wiraraja, namun dalam pertemuan terakhir kami sepakat berganti nama menjadi Maiyah Bromo. Setiap bulan kami mendapat Daur (materi kajian) dari Cak Nun untuk dikaji bersama, untuk pertemuan tadi siang temanya Anak Asuh Yang Bernama Indonesia," tutur Widad, pegiat Maiyah.

Diyakini masih banyak warga di Lumajang yang mengidolakan sosok Cak Nun, meskipun tak banyak yang tahu bahwa di Lumajang sendiri sudah ada forum Maiyahan ini.

"Bulan depan kami akan menggelar Maiyahan di Yosowilangun, dengan mengundang beberapa pejabat Lumajang. Tahun depan rencananya kami akan mengundang Cak Nun secara langsung bersama Kyai Kanjeng," tambahnya.

Maiyah Bromo sebenarnya jamaahnya meliputi Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan. Forum ini rutin digelar setiap bulan sekali, tepatnya tiap hari Minggu Pahing (kalender Jawa).

 

Pewarta : Pawitra Huda Pradana

Editor : Moch. R. Abdul Fatah

Pewarta : Pawitra Huda Pradana
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top