Dinas PUTR Lumajang Lauching IMB Online, Biaya Bisa Diketahui Lewat HP

Inilah aplikasi online pengurusan IMB di Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Inilah aplikasi online pengurusan IMB di Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES – Bertempat di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), hari ini Senin (14/5) hari ini dilaunching IMB Online yang bisa dibuka melalui Smartphone.

Melalui aplikasi IMB Kabupaten Lumajang, masyarakat Lumajang sudah bisa mendownload aplikasi ini di Playstore guna mengetahui informasi dan proses pengurusan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Dinas PUTR Lumajang Ir. R. Hadi Prayitno MT, kepada media ini mengatakan, melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui persyaratan yang harus dilengkapi, mekanisme pengurusan, termasuk simulasi biaya.

"Masyarakat akan dimudahkan, karena sebelum berangkat mengurus ijin ke Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Lumajang, masyarakat bisa melengkapi persyaratan yang diperlukan, karena semuanya sudah tertera di aplikasi ini. Ini jauh lebib baik dari pada harus bolak-balik melengkapi persyaratan, karena ada persyaratan administrasi yang kurang lengkap," kata Ir. Hadi Prayitno.

Selain itu, masih kata Hadi Prayitno, dalam aplikasi ini masyarakat juga bisa melakukan simulasi dengan memasukkan luas bangunan yang akan dibangun, dan berdasarkan luasan bangunan tersebut masyarakat akan mengetahui biaya yang harus dikeluarkan dalam pengurusan IMB di Lumajang. 

"Mengurusnya tetap di kantor KPT mas, hanya saja sebelum berangkat ke kantor KPT,  warga masyarakat bisa mengetahui biayanya secara online. Jadi sekarang lebih simple mengurusnya, karena semuanya sudah diketahui, baik persyaratannya maupun biayanya secara online," kata Hadi Prayitno lagi.

Diharapkan dengan kehadiran aplikasi online akan semakin memberikan kesadaran kepada warga Lumajang dalam mengurus IMB, sehingga PAD Lumajang dari pelayanan IMB bisa meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tahun 2017 kemarin perolehan PAD dari pelayanan IMB mencapai Rp 2,34 Milliar, sedangkan untuk tahun 2018 ini target yang ingin dicapai sebesr Rp 3.03 Miliiar

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Lumajang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top